Resep Ampuh Umpan Ikan Baronang Terbaru

Resep Ampuh Umpan Ikan Baronang - hola sobat, ini dia Salah satu jenis ikan favorit buat pemancing air laut adalah ikan baronang. Ikan baronang merupakan salah satu ikan target yang kerap kali menjadi sasaran pemancing. Ini sebabkan murahnya piranti mancing yang digunakan. Dan untuk spot tempat mancingnyapun cukup hanya di pesisir saja tak jauh ke tengah lautan. Ikan ini sering dijumpai di perairan yang tidak dalam, sering berkumpul di dekat batuan pemecah ombak, kumpulan terumbu karang dan juga di sekitar muara. 


Apa saja sih umpan yang biasa dipakai untuk memancing ikan baronang yang berukuran besar . Ikan jenis ini mempunyai sifat omnivora yang artinya memakan segalanya baik itu tumbuhan di dalam air atau jenis binatang berukuran kecil di sekitar habitatnya. Ikan baronang merupakan ikan favorit yang banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sumber protein alternatif. Di samping ikan ini memiliki daging yang bertekstur halus, rasanya juga enak dan kenyal. Bagi kalangan pemancing, ikan ini memiliki karakter tarikan yang kuat dan gerakan yang sangat cepat. Terlambat menyentak joran saja maka kita akan kehilangan kesempatan mendapatkan ikan ini. Piranti mancing yang sering digunakan yaitu joran model antene dengan panjang sekitar 4 sampai dengan 6 meter yang disambungkan ke senar pancing yang sudah di rangkai dengan mata kail garong dan pelampung. 

Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Baronang 

Mancing ikan baronang biasanya menggunakan umpan lumut laut. Namun karena ikan ini termasuk golongan omnivora maka jenis umpan lainpun kerap di sikatnya seperti udang, potongan kecil daging ikan dan juga cacing. Berbagai macam jenis umpan dapat digunakan untuk mendapatkan ikan berduri tajam ini bisa berupa olahan rumput laut, lumut pantai, nasi ketan dibaluri dengan tepung kunyit, udang yang busuk dan juga cacing tanah. Segala jenis umpan diatas bisa digunakan sebab ikan baronang ini tergolong sebagai jenis ikan yang sangat rakus. Namun saran saja sebelum menentukan jenis umpan apa yang akan kalian pakai , sebaikmya pelajari dulu spot pemancingannya. 

Cara Membuat Umpan Ikan Baronang Dari Tepung 

Bahan yang dibutuhkan 

250 gram tepung terigu, 

kunyit bubuk, 

terasi secukupnya dan tambahkan air seperlunya. 

Cara Membuat Umpan : 

Masukkan tepung terigu ke dalam wadah mangkok, lalu tambahkanlah air secukupnya. 

aduk perlahan sampai adonan merata. Ingat jangan sampai terlalu encer. 

Kemudian tambahlah kunyit untuk pewarna adonan dan terakhir masukkan sedikit terasi. 

uleni adonan sampai tercampur hingga merata. 

Spot dan Waktu yang Pas untuk mancing ikan baronang 

Setelah kalian memilih spot tempat mancing, sudah menyiapkan umpan ampuh, membuat rangkaian pancing dan telah paham teknik khusus memancing ikan baronang maka tibalah waktunya untuk menuju ke spot dan mulai memancing. Waktu yang pas yaitu pada saat suhu air terasa hangat. Berdasarkan pengalaman kami, disaat musim sudah kemarau sambaran ikan baronang ini cenderung lebih galak dibandikan saat tiba musim penghujan. Dan, perlu juga sebagai referensi penting yaitu, ikan baronang merupakan kelompok ikan kategori binatang diurnal. Binatang diurnal maksudnya adalah binatang yang lebih aktif pada siang hari, sementara di malam hari cenderung beristirahat di celah batu karang. 

Cara Membuat Umpan Ikan Baronang Dari Nasi 

Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Nasi Putih, 

Parutan buah kelapa. 

Cara Membuat Umpan 

Lembutkanlah nasi menggunakan sendok hingga selembut mungkin, 

Campurkan parutan buah kelapa. 

Aduk dan lembutkan hingga tercampur, Masukkan ke dalam wadah plastik, 

Umpan sudah siap digunakan.  

Rangkaian Pancing Ikan Baronang 

Lalu Seperti apa bentuk dari rangkaian pancing ikan baronang yang benar. Jika spot sudah ditemukan dan umpan telah siap, maka saatnya kita membuat rangkaian pancing yang benar untuk ikan baronang. Pada umumnya pemancing sangat jarang memancing ikan baronang memakai joran tegek sebab kebanyakan spot memancing ikan baronang umumnya dekat dengan batuan atau juga dermaga. Bagi yang belum paham, joran tegek ialah jenis joran (umumnya sangat panjang) yang tidak dilengkapi dengan ring senar pada stik joran. Senar pancing nantinya akan diikatkan diujung joran tegek ini dan joran ini juga tak wajib menggunakan reel pancing. Selain memakai jenis joran tegek, satu lagi yang sangat khas digunakan untuk memancing ikan jenis ini yaitu memakai jenis kail garong, maksudnya adalah kail seperti jangkar yang merupakan gabungan dari beberapa kail yg dikombinasikan. Bisa membuat sendiri atau kalau tidak ingin repot sudah banyak dijual di toko peralatan pancing dengan harga terjangkau. 

Cara Memasang Umpan Ikan Baronang di Kail Garong 

Trik cara mudah memasang umpan di kail adalah dibagi menjadi dua kelompok, pertama umpan lumut dan umpan yang sedikit lebih berat seperti adonan tepung dan nasi Biasanya umpan jenis lumut dan tanaman air ditaruh pas di atas kail dan dijepit dengan alat agar umpan sulit terlepas karena terkena air. Sedangkan jika memakai umpan racikan dari adonan tepung dan nasi yang mudah tenggelam, bisa menggunakan kail garong. Usahkan kalian memilih kali yang berukuran lebih kecil dan kondisikan adonan tersebut hingga menutupi seluruh bagian kail.

0 Response to "Resep Ampuh Umpan Ikan Baronang Terbaru"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2